Subscribe to Revolution Church

Makalah Keperawatan

Blog Accessories

Blogger Pemula

Sunday, December 25, 2011

KEPEMIMPINAN



Assalamualaikum Wr. Wb.


PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
            Di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, kita membutuhkan kehadiran para pemimpin, baik pemimpin formal kenegaraan maupun informal.Pemimpin merupakan pemandu, sekaligus panutan bagi yang dipimpin. Ketiadaan pemimpin membuat masyarakat menjadi kacau, berseteru satu sama lain. Kehadiran mereka amat diperlukan, untuk mempersatukan dan mengelola berbagai potensi konflik yang ada, dalam bingkai kebersamaan sehinga menjadi suatu kekuatan yang diperhitungkan.Karenanya, disadari, betapa tidak mudanya menjadi pemimpin.Tidak sembarang orang dapat tampil menjadi pemimpin, kecuali melalui serangkaian ujian kepemimpinan, dari yang sederhana hingga yang rumit.
            Dalam konteks kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di era reformasi ini, semakin terasa sekali dibutuhkan hadirnya pemimpin-pemimpin yang mumpuni di bidangnya masing-masing, serta memiliki komitmen dan wawasan kebangsaan yang tinggi. Hal yang sama juga kita butuhkan dalam bidang politik. Pada saat ini kita berada di dalam era politik yang demokratis, dimana sistem politik ketatanegaraan, sistem pemilu, dan sistem kepartaiannya, sudah amat berbeda secara mendasar dibandingkan dengan era Orde Baru.
            Kini tak hanya krisis kepemimpinan saja yang melanda bangsa kita, semua aspek berubah situasi menjadi krisis. Dari sudut pandang ekonomi, moral, birokrasi, militer, pendidikan, dan kebudayaan menjadi tantangan untuk masa depan bangsa kita. Tulisan ini akan membahas Pemimpin Politik yang Negarawan.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa itu pemimpin yang negarawan
2.      Apa hakikat pemimpin yang negarawan
3.      Apa dampak krisis kepemimpinan multidimensi
4.      Bagaimana kriteria pemimpin yang negarawan dalam menghadapi krisis kepemimpinan multidimensi

C.    Tujuan
Adapun tujuan dalam pembuatan makalah ini adalah:
1.      Agar pembaca memahami bagaimana hakikat dari pemimpin negarawan
2.      Agar pembaca mengetahui dampak dari krisis kepemimpinan multidimensi
3.      Agar pembaca mengetahui kriteria pemimpin yang negarawan

D.    Manfaat
            Adapun manfaat dari penulisan makal ini adalah agar pembaca dapat mengetahui masalah krisis kepemimpinan multidimensi di Indonesia saat ini, dan dapat membedakan antara pemimoin yang negarawan dengan pemimpin politisi semata serta dapat menumbuhkan semangat kepemimpinan bagi para pembaca khususnya pemuda untuk menjadi pemimpin yang berjiwa negarawan.


Bambua*09

Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

My Facebook

Statistik

 
BAMBUA*09. Copyright 2008 All Rights Reserved by Bambua*09 Blogger Template by BAMBUA*09